Pendidikan Bahasa Arab

| Kamis, 23 Oktober 2014
    Perkembangan Pembelajaran Bahasa Arab di Dunia Islam
        Seperti yang telah kita ketahui bahwasanya prodi pendidikan bahasa arab yg ada di universitas muhammadiyah malang ini baru diresmikan dan di buka pada pendaftaran mahasiswa baru 2014 untuk gelombang ketiga, dan untuk saat ini mahasiswa yang sudah di terima di pendidikan bahasa arab adalah sebanyak 11 mahasiswa itu dh termasuk aku hehe :D, dan yang menjadi kepala jurusan bahasa arab untuk saat ini adalah dr. Abdul Haris, MA  


            Di sini aku akan menjelas kan tentang sejarah dan asal usul dan perkembangan bahasa arab di dunia islam:
            Bahasa Arab adalah salah satu bahasa tertua di dunia. Ada beberapa teori yang menjelaskan tentang awal mula munculnya bahasa Arab. Teori pertama menyebutkan bahwa manusia pertama yang melafalkan bahasa Arab adalah Nabi Adam'alaihissalâm-. Analisa yang digunakan Nabi Adam 'Alaihissalam (sebelum turun ke bumi) adalah penduduk surga, dan dalam suatu riwayat dikatakan bahwa bahasa penduduk surga adalah bahasa Arab, maka secara otomatis bahasa yang digunakan oleh Nabi Adam 'Alaihissalam adalah bahasa Arab dan tentunya anak-anak keturunan Nabi Adam 'Alaihissalam pun menggunakan bahasa Arab. Setelah jumlah keturunan Nabi Adam 'Aalaihissalam bertambah banyak dan tersebar ke berbagai tempat, bahasa Arab yang digunakan saat itu- berkembang menjadi jutaan bahasa yang berbeda. Berbicara tentang bahasa Arab dalam konteks sejarah tidak bisa lepas dari perjalanan penyebaran agama Islam. Begitu pula sebaliknya, mengkaji tentang Islam berarti pula mempelajari bahasa Arab sebagai syarat wajib untuk menguasai isi kandungan Al-Qur'an dan Al-Hadis sebagai sumber utama agama Islam.

Menurut pendapat ahli bahasa, bahasa Arab adalah merupakan salah satu rumpun bahasa Semit selatan. sedangkan bahasa Semit adalah bahasa yang dipakai oleh keturunan Nabi Nuh. Sebelum kita sampai pada pengertian bahasa Semit, penulis akan mengutip sebuah perkataan Ibnu Katsir yang mengatakan bahwa seluruh bani adam di bumi berasal dari 3 anak Nabi Nuh AS  yang tersisa yakni Yafits, Sam dan Ham (adapun Kan’an meninggal dalam bahtera banjir).  Kemudian Imam Ahmad meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda: “Sam adalah bapak orang Arab, Ham adalah bapak orang Habsyi, dan Yafits adalah bapak orang Romawi.”
Sejarah mencatat bahwa bahasa Arab mulai menyebar ke luar jazirah Arabia sejak abad ke-1 H atau abad ke-7 M, kemanapun mengikuti gerak penyebaran Islam. Hingga pada masa khilafah Islamiyah, bahasa Arab menjadi bahasa resmi yang dipergunakan untuk sosialisasi agama, budaya, dan ilmu pengetahuan. Posisi strategis yang dimiliki bahasa Arab ini mengungguli semua bahasa yang pernah ada sebelumnya, seperti bahasa Yunani, Persia, dan lain sebagainya. 

http://assajjad.com/index.php?option=com_content&view=article&id=144:perkembangan-pembelajaran-bahasa-arab&Itemid=153

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲